PENDAPAT MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI PBL PADA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATAN

ABSTRAK: Paradigma baru dalam dunia pendidikan kesehatan mengakibatkan perubahan kurikulum dari kurikulum konvensional menjadi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Salah satu metode dari kurikulum berbasis kompetensi adalah Problem Based Learning (PBL). Program Studi S1 Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung sudah mengimplementasikan kurikulum KBK dengan PBL sejak tahun 2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pendapat mahasiswa terhadap implementasi Problem Based Learning (PBL) pada Program Studi S1 Keperawatan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan rancangan desain analitik dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa tingkat 2 dan 3 Program Studi S1 Keperawatan STIKes Dharma Husada Bandung yang berjumlah 114 mahasiswa dari populasi 160 mahasiswa (dengan perhitungan stratified random sampling).
Hasil: Hasil yang didapatkan dari mahasiswa tentang PBL sebagian besar mahasiswa 85,1% setuju PBL sudah disosialisasikan di awal pembelajaran, skenario sudah menstimulus mahasiswa sebanyak 71,1%, peran dan tugas moderator dan sekretaris sebanyak 77,2%, saat skills lab instruktur tidak tepat waktu 50%, bobot penilaian sudah sesuai dengan tugas banyak yang tidak setuju sebesar 41,2% dan pengetahuan menjadi luas setuju sebanyak 77,2% mahasiswa.
Kesimpulan: Sebagian mahasiswa memberikan pendapat positif terhadap PBL adalah 85,1% tetapi 50% saat skills lab instruktur tidak tepat waktu dan tidak setuju terhadap literature tidak tersedia di perpustakaan.
Kata kunci: Pendapat Mahasiswa, Implementasi, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Problem Based Learning (PBL)
Penulis: Richa Noprianty
Kode Jurnal: jpkedokterandd160005

JURNAL BERHUBUNGAN: