PEMBERDAYAAN SISWA SEBAGAI DOKTER KECIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA SEKOLAH DI SD N TLOGOHAJI 1 KABUPATEN BOJONEGORO

ABSTRAK: Anak usia sekolah merupakan kelompok umur yang sangat rawan terhadap masalah kesehatan. Walaupun tanggung jawab utama kesehatan anak usia sekolah berada di tangan orang tua/ wali, tetapi sekolah memiliki pengaruh yang besar untuk mempengaruhi kesehatan masyarakat terutama kesehatan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dokter kecil terhadap pengetahuan dan perilaku kesehatan siswa.
Desain penelitian adalah pra-eksperiment (One Grup PratestPostestDesign).Sampel adalah seluruh siswa SD kelas 4, 5 dan 6 SDN Tlogohaji I Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro dengan exhaustive sampling sebanyak 85 siswa.Peneliti mengevaluasi pengetahuan dan perilaku siswa sebelum dan setelah diadakan dokter kecil.Pengumpulan data dengan wawancara dan observasi menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon dengan α = 0.05.
Hasil penelitian dokter kecil terhadap pengetahuan siswa menunjukkan nilai p = 0,000 dan dokter kecil terhadap perilaku siswa menunjukkan nilai p =0,000 sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh dokter kecil terhadap pengetahuan dan perilaku siswa dalam PHBS di tatanan sekolah. Sesuai dengan hasil penelitian maka perlu adanya kemitraan dengan berbagai pihak dalam upaya mewujudkan kesehatan anak khususnya pada tatanan sekolah.
Kata kunci: Dokter kecil, pengetahuan, perilaku
Penulis: Dian Nurafifah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150520

JURNAL BERHUBUNGAN: