KONSEP DIRI BERHUBUNGAN DENGAN PRESTASI MAHASISWA SEMESTER 8 PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN STIKES MUHAMMADIYAH PRINGSEWU LAMPUNG

Abstract: Prestasi akademik merupakan hasil yang dicapai mahasiswa dalam belajar yang diperoleh mahasiswa selama menjalani masa studi masih banyak yang kurang baik (baik > 2,75 & kurang baik < 2,75). Salah satu penyebab prestasi akademik yang kurang baik ialah konsep diri, dimana seseorang yang meiliki konsep diri negatif lebih berpotensi mendapatkan prestasi akademik yang kurang baik. Berdasarkan observasi IPK di BAAK terdapat 15 mahasiswa mendapatkan IPK dibawah 2,75. Tujuan dari penelitian ini,untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan prestasi akademik pada mahasiswa Prodi S1 Keperawatan semester 8 di STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung Tahun 2013.
Metode penelitian menggunakan pendekatan crossectional, sampel sebanyak 47 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Analisis statistik menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara konsep diri dengan prestasi akademik, didapatkan nilai p value = 0,008 yang berarti p value < 0,05 (Ho ditolak) dan dengan keeratan hubungan 6x (or = 6,500).
Kesimpulan dari penelitian adalah ada hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa, dengan keeratan hubungan mahasiswa yang memiliki konsep diri positif 6x lebih berpotensi mendapatkan prestasi akademik yang baik. Saran dari penulis agar mahasiswa dapat mengenali dirinya sendiri secara positif, dan dapat memotivasi rekannya yang memiliki konsep diri negatif agar konsep dirinya menjadi positif.
Kata Kunci: Konsep Diri, Prestasi Akademik
Penulis: Asri Rahmawati, Panji Trihandoko
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140404

JURNAL BERHUBUNGAN: