KESESUAIAN FAKTOR PELAYANAN KONTRASEPSI AKDR OLEH BIDAN TERHADAP PELAKSANAAN SOP DI PUSKESMAS KOTA SEMARANG

Abstrak: Berdasarkan data Bapermasper dan KB terjadi peningkatan akseptor AKDR 2,77% dari tahun 2011 – 2012, namun masih ditemukan bidan tidak menerapkan pelayanan AKDR sesuai SOP (10%), bidan tidak melakukan konseling(15%) dan bidan tidak menerapkan pencegahan infeksi sesuai prosedur (20%). Selain dari bidannya berdasarkan wawancara dengan pemegang program, bidan sudah dilatih dan disupervisi masih ada laporan tentang permasalahan bahwa bidan dalam melakukan pelayanan tidak sesuai SOP (10%). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian faktor  pelayanan kontrasepsi AKDR oleh bidan terhadap pelaksanaan SOP di puskesmas kota Semarang.
Metode Penelitian dan Subyek penelitian: penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Variabel bebas adalah umur bidan, masa kerja, pengetahuan, supervisi yang diterima dan variabel terikat adalah pelayanan AKDR. Subyek penelitian adalah 81 bidan puskesmas. Analisis data dilakukan secara uni variat (distribusi frekuensi tabel) analisis bivariat (tabel dan uji statistik chi quere).
Hasil penelitian:pada penelitian ini didapatkan umur responden dengan umur ≤ 35 tahun (61,3 %,) dengan rata-rata 36,6 tahun, masa kerja ≥ 10 tahun ( 58,3 %,) rata-rata masa kerja 12 tahun, untuk pengetahuan  baik  (54.3%) supervisi baik (56.8%) pelayanan AKDR baik (51.9%).  Analisis bivariat didapatkan umur bidan ( p = 0.102 ), masa kerja ( p = 0.237) berarti  tidak ada hubungan  dengan pelayanan AKDR sesuai SOP, sedangkan pengetahuan ( p = 0.001) dan supervisi ( p = 0.0001) berarti ada hubungan dengan pelayanan AKDR sesuai SOP.
Simpulan: faktor pengetahuan bidan dan supervisi dari DKK Semarang berpengaruh secara signifikan terhadap kesesuaian pelayanan AKDR Bidan dengan pelaksanaan SOP
Kata Kunci: Pelayanan AKDR, bidan puskesmas, SOP pelayanan kontrasepsi
Penulis: Sri Rahayu
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160168

JURNAL BERHUBUNGAN: