KEMANDIRIAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENGALAMI SKIZOFRENIA

Abstrak: Skizofrenia merupakan gangguan psikotik yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Salah satu faktor penyebab kambuh skizofrenia di komunitas adalah; keluarga yang tidak tahu cara memandirikan pasien di rumah.
Metode survey analitik pada penelitian ini digunakan untuk menggali sejauh mana faktor-faktor yang berhubungan dengan kemandirian keluarga. Faktor yang menjadi penilaian merupakan bagian dari social fungtionskale; Self Care, Community Skills dan Social Skills. Penelitian dilakukan dengan mengisi kuesioner secara terpimpin, kuesioner berisi tentang kemandirian pasien, yang diinterpretasi oleh keluarga, sehingga diperoleh dengan mandirinya pasien, maka keluarga telah berhasil mandiri dalam merawat pasien.
Hasil penelitian dengan menggunakan tiga analisis data, univariat, bivariat dan multivariat. Univariat; self care kurang mandiri (67,5%), community skills kurang mandiri (17,5%), social skills kurang mandiri (82,5%), lama waktu sakit >1 tahun (77,5%), jenis kelamin; pria lebih dominan (87,5%).  Bivariat; ada hubungan self care dengan kemandirian, tidak ada hubungan community skills dengan kemandirian, ada hubungan social skills dengan kemandirian, ada hubungan lama sakit dengan kemandirian, ada hubungan jenis kelamin dengan kemandirian. Multivariat; self care adalah variabel yang paling mempengaruhi terhadap kemandirian keluarga.
Kata Kunci: Keluarga,  Kemandirian, Skizofrenia
Penulis: Dewi Hardiyanti, Said Usman, Rusli Yusuf
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150610

JURNAL BERHUBUNGAN: