KARAKTERISTIK PENDERITA PENYAKIT KARDIOVASKULER PADA RUANG INTENSIF CARE UNIT (ICU) RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA

ABSTRAK: Penyakit kardiovaskuler merupakan penyebab kematian terbesar diseluruh dunia. Angka kematian penyakit kardiovaskuler meningkat di negara yang berpendapatan rendah dan menengah. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan pada tahun 2030 sekitar 23,6 juta penduduk dunia diperkirakan meninggal karena penyakit kardiovaskuler, dan 60% dari seluruh kematian diakibatkan oleh penyakit jantung koroner dan serangan jantung mendadak (Mendis et al, 2011). Menurut British Heart Foundation (2011) penyakit jantung koroner menjadi penyebab utama serangan jantung dan dapat mengancam kehidupan. Berdasarkan uraian diatas perlu dilakukan penelitian tentang karakteristik pasien dengan penyakit jantung.
Tujuan Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik penderita penyakit kardiovaskuler yang di rawat di ICU Rumah Sakit Islam Surakarta. Metode Penelitian merupakan deskriptif dengan menggunakan total sampling sejumlah 15 responden. Responden yang diambil adalah pasien penyakit jantung yang dirawat di ICU RSI Surakarta pada bulan Februari sampai Maret 2013. Analisa data menggunakan analisis univariat berupa distribusi frekuensi meliputi usia, jenis kelamin, riwayat DM, kadar Hemoglobin, kadar Hematokrit.
Hasil Rata-rata penderita penyakit jantung di rawat di ICU berusia 55 tahun, sebagian besar berjenis kelamin 53,3% laki-laki, sebagian besar tidak memiliki riwayat DM 93,3%, sebagian besar responden memiliki kadar Hemoglobin normal 93,3%, memiliki kadar Hematokrit normal 100%.
Kesimpulan Penderita penyakit jantung yang dirawat di ICU rata-rata berusia 55 tahun, sebagian besar berjenis kelamin perempuan, sebagian besar tidak memiliki riwayat DM, dan memiliki kadar Hemoglobin dan Hematokrit yang normal.
Keyword: Penyakit Jantung, Karakteristik
Penulis: Esri Rusminingsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150510

JURNAL BERHUBUNGAN: