ISOLASI DAN IDENTIFIKASI FLAVONOID PADA SIMPLISIA DAUN SIRSAK (Annona muricata. L) DENGAN METODE SOXHLETASI DAN KROMATOGRAFI LAPIS TIPIS

Abstract: Daun sirsak merupakan daun yang mengandung flavonoid yang dapat digunakan sebagai anti tumor/anti kanker, anti parasit dan anti mikroba. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan isolasi dan identifikasi flavonoid pada simplisia daun sirsak dengan metode soxhletasi dan KLT.
Metode penelitian adalah penelitian observasi dengan mengisolasi dan mengidentifikasi flavonoid menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT) dengan fase diam silica GF 254 dan fase gerak etil asetat : methanol : air (1 : 4 : 5).
Hasil penelitian dari isolasi mempunyai berat jenis rata-rata dari semua sampel 1,08 gram/ml, rendemen rata-rata 5,31% b/b. organoleptis daun sirsak berbentuk bulat tidak merata, berwarna coklat kekuningan, berasa pahit dan berbau aromatik (khas). Bentuk bercak tidak seragam tetapi berwarna sama coklat kekuningan. Dari identifikasi standar yang digunakan Quersetin, Rf sampel dan Rf standar tidak sama yaitu 0,91 dan 0,82.
Kesimpulan menunjukkan bahwa daun sirsak mengandung flavonoid tetapi bukan jenis Quersetin, dan senyawa flavonoid dapat diisolasi dan diidentifikasi dengan cara KLT.
Kata Kunci: daun sirsak, KLT, berat jenis, rendemen, Rf
Penulis: Sunyoto, Farida Rahmawati, Mirna Erdiana
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130463

JURNAL BERHUBUNGAN: