INTERVENSI MODEL PENDIDIKAN DAN KOMUNITAS TENTANG INFLUENZA MENURUT MAHASISWA KEDOKTERAN DAN KEPERAWATAN

ABSTRAK: Kesadaran medis dan penanganan klinis influenza masih terbatas di Indonesia. Sebagai calon tenaga kesehatan, pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa keperawatan dan mahasiswa kedokteran terkait influenza dan vaksinasi influenza merupakan hal yang penting agar pasien memiliki pemahaman yang lebih baik tentang influenza. Kami mengeksplorasi ide mereka terkait model intervensi komunitas dan model pendidikan terkait influenza dan vaksinasi influenza. Tujuan dari studi ini adalah untuk memperoleh ide mahasiswa keperawatan mengenai model intervensi komunitas dan ide mahasiswa kedokteran mengenai model pendidikan terkait influenza dan vaksinasi influenza.
Metode: Penelitian ini dilakukan secara kualitatif menggunakan wawancara mendalam terhadap 10 mahasiswa keperawatan dan 10 mahasiswa kedokteran untuk mengeksplorasi pendapat dan ide mereka mengenai intervensi komunitas dan model pendidikan terkait influenza dan vaksin influenza.
Hasil: Ide mahasiswa keperawatan terkait model intervensi komunitas bervariasi. Kebanyakan dari mereka menyebutkan poster, leaflet, workshop, penyuluhan, dan vaksin influenza gratis. Terdapat juga beberapa ide menarik seperti buku saku influenza, lagu pendidikan terkait influenza, kampanye mobil influenza, dan artikel ilmiah populer mengenai influenza. Sementara pada mahasiswa kedokteran, model pendidikan yang kebanyakan mereka usulkan adalah seminar, workshop, pelatihan pre-klinik, dan media visual seperti poster dan video.
Kesimpulan: Studi ini menandai pentingnya kebutuhan untuk mendidik calon tenaga kesehatan mengenai influenza dan vaksin influenza untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Model intervensi yang inovatif dan efektif terkait influenza dan vaksin influenza dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas tenaga kesehatan.
Kata kunci: influenza, model intervensi komunitas, model pendidikan
Penulis: Andyana Sabtsan, Priska Yuniant, Bryani Tit Sant, Dwi Jani Juliawat, Elisabeth Rukmini
Kode Jurnal: jpkedokterandd160003

JURNAL BERHUBUNGAN: