HUBUNGAN USIA, GRAVIDITAS DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI DALAM KEHAMILAN

Abstract: Penyebab langsung kematian ibu terkait kehamilan dan  persalinan  salah satunya adalah hipertensi dalam kehamilan. Kategori hipertensi dalam kehamilan adalah preeklamsia-eklamsia, hipertensi gestasional, kronik hipertensi dan superimpose preeklamsia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, graviditas dan Indeks Massa Tubuh (IMT) dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan.
Metode: Penelitian observasional dengan metode cross-sectional secara prospektif tingkat kemaknaan 95%. Analisis meliputi analisis univariat, bivariat dan multivariat terhadap variabel usia maternal, graviditas dan IMT terhadap kejadian hipertensi dalam kehamilan. Sampel adalah   ibu hamil di Poli Rawat Jalan Obstetri dan Ginekologi  RSUD  Tugurejo  Semarang  bulan  Oktober-Desember  2013.  Pengambilan  sampel  secara  total sampling.
Hasil: Didapatkan 43 ibu hamil dengan hipertensi. Analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak ada hubungan graviditas dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan (p=0,077). Variabel usia dan IMT menunjukkan ada hubungan dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan (OR=2,774; p = 0,004 dan OR = 2,602; p = 0,005). Analisis multivariat menunjukan  bahwa usia dan  IMT merupakan  faktor risiko terjadinya hipertensi dalam kehamilan (OR= 2,774; p = 0,003 dan OR = 2,602; p = 0,004).
Simpulan: Ada hubungan antara usia dan IMT dengan kejadian hipertensi dalam kehamilan, dimana usia merupakan faktor yang paling berpengaruh.
Kata kunci: Usia, graviditas, indeks massa tubuh, hipertensi dalam kehamilan
Penulis: Diana Ratih Puspitasari, Muhamad Taufiqy Setyabudi, Afiana Rohmani
Kode Jurnal: jpkedokterandd150440

JURNAL BERHUBUNGAN: