HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN WANITA USIA SUBUR TENTAN KEPUTIHAN DENGAN KUNJUNGAN SAAT MENGALAMI KEPUTIHAN KE BPS SRI WAHYUNI DESA BABALAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI

Abstract: Keputihan bisa mengakibatkan terjadinya kehamilan di luar kandungan, terjadi perdarahan, mengakibatkan kematian pada ibu-ibu. Selain itu, keputihan dapat dikatakan sebagai gejala awal dari kanker mulut rahim. Walaupun keputihan yang berlarut-larut dapat menyebabkan kanker, kemandulan dan kematian, masih banyak Wanita Usia Subur yang tidak berminat berkunjung ke BPS pada saat megalami keputihan dan mereka menganggap keputihan merupakan hal lumrah bagi seorang wanita.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan Wanita Usia Subur tentang keputihan dengan  kunjungan saat mengalami keputihan ke BPS Sri Wahyuni Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun 2011.
Jenis penelitian yang digunakan adalah studi korelasi (Correlational study) dengan  metode pendekatan  yang digunakan adalah analitik dengan menggunakan metode survey cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah  Wanita Usia Subur (WUS) di Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Bulan Nopember 2010 sebanyak 445 orang. Sampel dalam penelitian  ini adalah 10% x 445 = 44,5 dibulatkan menjadi 45  orang, menggunakan teknik sampling secara acak (random sampling).
Hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan wanita usia subur sebagian besar  kurang sebanyak 34 orang  (75,6%), mempunyai pengetahuan cukup sebanyak 9 orang (20,0%) dan yang mempunyai pengetahuan baik sebanyak 2 orang (4,4%). Sebagian besar wanita usia subur tidak berkunjung ke BPS saat keputihan sebanyak 24 orang (53,3%) dan yang berkunjung ke BPS saat keputihan sebanyak 21 orang (46,7%).  Ada hubungan antara  pengetahuan dengan kunjungan saat keputihan  di BPS Sri Wahyuni Desa Babalan Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun 2011  (value  0,022 <  0,05).
Masyarakat diharapkan aktif mencari informasi tentang penanganan keputihan yang benar,  karena keputihan patologis dapat berisiko terkena kanker leher rahim. Bidan pengelola BPS Sri Wahyuni  diharapkan lebih meningkatkan penyuluhan tentang keputihan patologis yang dapat berisiko terkena kanker leher rahim.
Kata kunci:  Pengetahuan, Wanita Usia Subur (WUS), keputihan dan Kunjungan
Penulis: Diding Akuaria Dwi Erma, Yuli Irnawati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd110082

JURNAL BERHUBUNGAN: