HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN PELAKSANAAN UNIVERSAL PRECAUTION

Abstract: Dalam tindakan kewaspadaan universal diperlukan kemampuan dan pengetahuan perawat yang dipengaruhi tingkat pendidikan, masa kerja sebagai pelaksana, ditunjang oleh sarana dan prasarana, serta SOP yang mengatur langkah-langkah tindakan kewaspadaan universal precaution.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan pelaksanaan universal precaution di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Klaten.
Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan desain non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 perawat Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Klaten. Uji statistik yang digunakan adalah chi square.
Hasil penelitian: Responden berumur 18-40 tahun, berpendidikan D III Keperawatan dan memiliki masa kerja selama 1-3 tahun. Tingkat pengetahuan perawat tentang universal precaution tinggi, pelaksanaan universal precaution oleh perawat baik. Hasil analisis diperoleh p value 0,003 (p value < 0,05).
Kesimpulan: Ada hubungan tingkat pengetahuan perawat dengan pelaksanaan universal precaution di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Islam Klaten.
Kata kunci: tingkat pengetahuan perawat, pelaksanaan universal precautionr sebanyak 12,5% mengalami HAP
Penulis: Devi Permatasari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130479

JURNAL BERHUBUNGAN: