HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PMBA DENGAN PELAKSANAAN PMBA PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH POSYANDU KELURAHAN KETITANG

Abstract: PMBA merupakan upaya yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi, kesehatan anak, dan meningkatkan tumbuh kembang serta kelangsungan hidup anak di Indonesia, khususnya untuk pemberian MPASI pada anak usia 6-24 bulan.  Di Desa Ketitang ada 8 anak yang pertumbuhannya dibawah garis merah (BGM) dan banyak ibu yang belum mengetahui tentang PMBA serta masih dijumpai pelaksanan yang kurang baik tentang PMBA.
Mengetahui tingkat pengetahuan ibu tentang PMBA dengan pelaksanaan PMBA pada anak usia 6- 24 bulan di Wilayah  Posyandu Desa Ketitang
Desain penelitian dengan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan waktu cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah  ibu-ibu yang ada di wilayah posyandu desa Ketitang dengan jumlah 67. Tehnik dengan metode purposive sampling sebanyak 57 responden. Instrumen kuesioner. Analisis data dengan mengunakan uji Chi Square.
Tingkat pengetahuan ibu tentang PMBA umur 6-24 bulan adalah cukup dengan pelaksanaan PMBA pada anak umur 6-24 bulan adalah sesuai, dengan nilai p = 0,000 (p<0,05) dan nilai chi square 25,98 serta nilai kontigensi 0.92.
Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang PMBA dengan pelaksanaan PMBA pada anak usia 6-24 bulan dengan nilai p = 0,000 (p<0,05) dan nilai chi square 25,98 serta nilai kontigensi 0.92.
Kata Kunci: Pengetahuan, pelaksanaan, PMBA
Penulis: Daryani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120308

JURNAL BERHUBUNGAN: