HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PEMBERIAN MULTIVITAMIN PADA ANAK USIA 1-5 TAHUN DI DUKUH PORODESAN

Abstract: Multivitamin dibutuhkan anak dalam masa pertumbuhan agar anak dapat tumbuh menjadi anak yang sehat. Multivitamin membantu organ-organ tubuh sehingga berfungsi secara tepat melalui metabolisme makanan untuk pertumbuhan sel.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan pemberian multivitamin pada anak usia 1-5 tahun di Dukuh Porodesan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian sebesar 39 orang. Analisis data menggunakan chi square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 46,2% responden mempunyai pengetahuan sedang tentang multivitamin dan 62,1% ibu di dukuh Porodesan memberikan multivitamin pada anak usia 1-5 tahun.
Kesimpulan menunjukkan bahwa dari 39 responden, sebanyak 25 (64,1%) responden memberikan multivitamin. Ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang multivitamin dengan pemberian multivitamin pada anak usia 1-5 tahun pada analisis chi square dengan nilai p adalah 0,000 yang berarti (p<0,05).
Kata kunci: Tingkat Pengetahuan, Pemberian multivitamin, Anak usia 1-5 Tahun
Penulis: Yetti O.K, Choiril Hanna, Wahyuni
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120311

JURNAL BERHUBUNGAN: