HUBUNGAN SIKAP ORANG TUA DENGAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI ANAK RETARDASI MENTAL RINGAN USIA 7-18 TAHUN DI SLB C/C1 SHANTI YOGA KLATEN

Abstract: Retardasi mental adalah keadaan dengan fungsi intelektual umum yang kurang (bertaraf subnormal) sejak masa perkembangan (sejak lahir atau sejak masa anak). Di Indonesia 1-3% penduduknya mengalami retardasi mental, penderita tersebut meliputi retardasi mental ringan 80%, retardasi mental sedang 12%, retardasi mental berat 7%, dan retardasi mental sangat berat 1%. Pada sebagian besar kasus retardasi mental, penyebabnya tidak diketahui; hanya 25 % kasus yang memiliki penyebab yang spesifik. Insiden tertinggi adalah masa anak-anak sekolah dengan puncak umur 10 sampai 14 tahun. Retardasi mental mengenai 1,5 kali lebih banyak pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap orang tua dengan tingkat kepercayaan diri anak retardasi mental ringan usia 7-18 tahun di SLB C/C1 Shanti Yoga Klaten.
Jenis penelitian ini adalah Diskriptif Corelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Tehnik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan uji kendall tau.
Hasil penelitian karakteristik orang tua berdasarkan usia paling banyak usia 21-40 tahun ada 26 responden (70,3%). Berdasarkan pendidikan paling banyak adalah pendidikan SMA 16 responden (43,2%). Berdasarkan pekerjaan paling banyak tidak bekerja sebanyak 14 responden (37,8%). Karakteristik anak berdasarkan usia paling banyak adalah usia 11-14 tahun yaitu 21 responden (56,8%), untuk jenis kelamin paling banyak adalah perempuan yaitu 19 responden (51,4%).Sikap orang tua pada anak retardasi mental adalah cukup (51,4%). Tingkat kepercayaan diri anak retardasi mental ringan usia 7-18 tahun adalah sedang (59,5%). Hasil analisis kendall tau diperoleh p value=0,012 (p<0,05) sehingga Ha diterima Ho ditolak.
Ada hubungan sikap Orang Tua dengan Tingkat Kepercayaan Diri Anak retardasi Mental Ringan Usia 7-18 tahun di SLB C/C1 Shanti Yoga Klaten.
Kata Kunci: Sikap Orang Tua, Kepercayaan Diri, Retardasi mental
Penulis: Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd110078

JURNAL BERHUBUNGAN: