HUBUNGAN PERSONAL HYGIENE DENGAN KELUHAN KULIT PADA PEMULUNG DAN FASILITAS SANITASI DI TPA TERJUN KELURAHAN TERJUN KECAMATAN MEDAN MARELAN TAHUN 2014

Abstract: Sampah adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia dan tidak terjadi dengan sendirinya. Pemulung sangat erat kaitannya dengan sampah, karena pekerjaanya berhubungan dengan sampah. Pemulung sangat beresiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan sampah terutama keluhan kulit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan personal hygiene (pengetahuan tentang personal hygiene, kebersihan kulit, kebersihan tangan,kaki dan kuku dan kebersihan rambut) dengan keluhan kulit pada pemulung dan gambaran fasilitas sanitasi (toilet) di TPA Terjun Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan Tahun 2013.
Jenis penelitian adalah survai analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Populasi penelitian adalah seluruh pemulung di TPA Terjun sebanyak 300 orang dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 75 orang.
Hasil penelitian diperoleh paling banyak pengetahuan tentang personal hygiene dan kebersihan tangan, kaki dan kuku masuk dalam kategori tidak baik, sedangkan kebersihan kulit dan kebersihan rambut masuk dalam kategori baik. Hasil uji menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang personal hygiene (p=0,022), kebersihan kulit (p=0,006), kebersihan tangan, kaki dan kuku (p=0,013), kebersihan rambut (p=0,001) dengan keluhan kulit.
Fasilitas sanitasi di TPA terjun yaitu toilet, masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat kesehatan karena jumlahnya tidak cukup, tidak ada wastafel dan peturasan.
Disarankan pada Dinas Kebersihan Kota Medan agar memperbaiki fasilitas sanitasi khususnya toilet yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Terjun, sehingga menjadi fasilitas sanitasi yang memenuhi syarat kesehatan. Dan disarankan pada pemulung agar meningkatkan kebersihan diri, sehingga terhindar dari keluhan kulit.
Kata Kunci: Keluhan Kulit, Personal Hygiene, Fasilitas Sanitasi
Penulis: ADE PARAMITHA ZEBUA, devi nuraini santi, evi naria
Kode Jurnal: jpkesmasdd140443

JURNAL BERHUBUNGAN: