Hubungan Personal Hygiene dengan Kejadian Penyakit Kulit di TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri

Abstract: Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang berfungsi sebagai pelindung dari berbagai penyakit. Suatu penyakit timbul akibat dari berinteraksinya berbagai faktor, faktor-faktor tersebut antara lain agen atau penyebab penyakit, manusia sebagai host (induk semang) dan lingkungan. Manusia dapat mencegah terjadinya penyakit kulit dengan menerapkan personal hygiene. Pelaksanaan personal hygiene dipengaruhi beberapa faktor diantaranya citra tubuh, praktik sosial, status sosial ekonomi, pengetahuan, budaya, pilihan pribadi, dan kondisi fisik. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah mengetahui hubungan  personal hygiene dengan penyakit kulit di TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri, sedangkan  tujuan khususnya adalah mengetahui personal hygiene siswa TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri,  mengetahui kejadian  penyakit kulit di TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri dan menganalisa hubungan antara personal hygiene dengan penyakit kulit di TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri sebanyak 50 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan meggunakan purposive sampling. Sesuai dengan kriteria inklusi, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa. Variabel bebasnya adalah personal hygiene, sedangkan variabel terikatnya adalah penyakit kulit. Analisis yang digunakan dengan menggunakan uji Korelasi Lambda.
Perhitungan uji statistik dengan Korelasi Lambda didapatkan nilai p<α  (0,002<0,05) yang berarti Ho ditolak dan disimpulkan ada hubungan  antara personal hygiene dengan penyakit kulit di TK Ngadirojo Kidul, Wonogiri.
Kata Kunci: Personal Hygiene, Penyakit Kulit
Penulis: Dwi Indriastuti, Nugroho Priyo Handono
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160133

JURNAL BERHUBUNGAN: