HUBUNGAN PERILAKU KADARZI (KELUARGA SADAR GIZI) DENGAN STATUS GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAJAH 1 DEMAK

Abstract: Status gizi balita merupakan salah satu indikator kesehatan yang dinilai keberhasilan pencapaiannya dalam MDGs (Millennium Development Goals). Status gizi ini menjadi penting karena merupakan salah satu faktor risiko untuk terjadinya kesakitan dan kematian. Perilaku kadarzi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi status gizi balita karena kebiasaan ibu memiliki perilaku keluarga yang sadar gizi akan dapat memantau perkembangan dan pertumbuhan balitanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku kadarzi dengan status gizi balita di wilayah Kerja Puskesmas Gajah 1 Demak tahun 2013.
Jenis penelitian survey observasional analitik dengan pendekatan waktu cross-sectional, jumlah sampel 95 responden dengan teknik sampling stratified random sampling. Uji hubungan antara variabel menggunakan uji Chi-Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden pada kategori usia <30 tahun sebanyak 60 responden (63,2%), pendidikan mayoritas SMP sebanyak 41 responden (43,2%) dan dengan pendapatan mayoritas <UMR sebanyak 62 responden (65,30%). Responden mayoritas memiliki perilaku tidak kadarzi sebanyak 60 responden (63%) dan mayoritas balita dengan status gizi baik sebanyak 66 responden (69,50%). Responden yang perilaku kadarzi mayoritas status gizi balita baik dan lebih sebanyak 32 responden (91,4%), responden yang perilaku tidak kadarzi mayoritas status gizi balita lebih dan baik sebanyak 35 responden (58,3%) dan status gizi balita kurang dan buruk 25 responden (41,7%) berperilaku tidak kadarzi. Dari uji statistik p sebesar = 0,001 yang berarti p<5%.
Kesimpulan penelitian ada hubungan yang bermakna antara perilaku kadarzi dengan status gizi balita. Saran untuk ibu balita agar memberikan ASI eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan.
Kata Kunci: perilaku, kadarzi, status gizi balita
Penulis: Noveri Aisyaroh, Siti Ani Zulfa, Siti Thomas Zulaikhah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd140406

JURNAL BERHUBUNGAN: