HUBUNGAN PENGGUNAAN HUMIDIFIER PADA TERAPI OKSIGEN ALIRAN RENDAH DENGAN PENINGKATAN SUHU TUBUH DAN KADAR LEUKOSIT

ABSTRACT: Beberapa peneliti menyebutkan bahwa pemberian oksigen aliran rendah tidak memerlukan humidifier, peneliti lain menyebutkan bahwa pemberian oksigen aliran rendah tanpa humifier dapat menyebabkan kekeringan mukosa saluran napas dan bisa menyebabkan infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan humidifier pada terapi oksigen aliran rendah terhadap peningkatan suhu tubuh dan kadar leukosit.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimental, yang melibatkan 30 pasien yang dirawat di Instalasi Rawat Intensive RSUP. Dr. Soradji Tirtonegoro Klaten dan mendapatkan terapi oksigen aliran rendah (4-5 l/menit). Empat belas pasien diberikan terapi oksigen dengan air pelembab (humidifier), sisanya 16 pasien diberikan terapi oksigen tanpa air pelembab.
Sebelum pemberian terapi okisgen seluruh pasien dilakukan pemeriksaan leukosit dan rongent untuk memastikan bahwa pasien tidak menderita pneumonia. Setelah 3 hari mendapatkan terapi oksigen, dilkaukan pemeriksaan lagi untuk mengetahui ada tidaknya pneumonia.
Hasil penelitian menenujukan pasien yang menggunakan humidifier memiliki suhu rata-rata sebelum dan sesudah pemberian oksigen secara berurutan adalah 36.47◦C dan 36,75oC (p= 0.013); dengan kadar leukosit rata-rata sebelum dan sesudah pemberian oksigen secara berurutan adalah 11.97 X 103 /dl dan 11.14 x 103/dl (p=1.27) . Suhu rata-rata pada kelompok tanpa humidifier sebelum dan sedudah pemberian oksigen adalah 36.48oC dan 36.58oC (p=0.37), dengan kadar leukosit sebelum dan sesudah terapi oksigen 11.79 x 103.dl dan 12.03 x 103/dl (p=0.85)
Kesimpulan dari penilitian terdapat kenaikan suhu tubuh yang signifikan antar sebelum dan sesudah pemberian oksigen aliran rendah dengan menggunakan humidifier. Rata-rata kenaikan suhu yang dialami masih dalam batas normal. Tidak terjadi perubahan kadar leukosit yang signifikan antara sebelum dengan sesudah terapi oksigen dengan humifier.
Kata Kunci: Humidifier, suhu tubuh, leukosit
Penulis: Saifudin Zukhri , Sukirno
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150518

JURNAL BERHUBUNGAN: