HUBUNGAN PENGETAHUAN PETUGAS PANTI TENTANG TINGKAT KEMANDIRIAN ADL DENGAN PEMENUHAN ADL PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WREDHA YOGYAKARTA

Abstract: Dalam pemenuhan ADL (Activity Daily living) lansia yang meliputi kebutuhan mandi, berpakaian, toileting, berpindah, kontinensia, dan makan tidaklah semudah memenuhi kebutuhan usia muda, oleh karena itu menjadi petugas panti harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan tertentu. Hal ini dapat di lihat saat lansia yang tergantung membutuhkan bantuan dalam berpindah, petugas panti masih ada yang tidak membantu berpindah lansia tersebut. Peran petugas panti sangat diperlukan untuk mempertahankan derajat kesehatan para lansia pada taraf setinggi-tingginya sehingga terhindar dari penyakit/ gangguan, sehingga lansia tersebut masih dapat memenuhi kebutuhan ADL dengan mandiri.
Tujuan Mengetahui hubungan pengetahuan petugas panti tentang tingkat kemandirian ADL dengan pemenuhan ADL pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha  Yogyakarta.
Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan  Cross Sectional. Teknik sampling purposive sampling.Instrumen penelitian adalah kuesioner. Analisis data bivariat menggunakan Kendall Tau.
Hasil Penelitian Petugas Panti Sosial Tresna Wredha Yogyakarta mempunyai pengetahuan tentang tingkat kemandirian ADL adalah cukup (53,3%). Pemenuhan ADL pada lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta adalah cukup  (66,7%).
Kesimpulan dari hasil penelitian Ada hubungan pengetahuan tentang tingkat kemandirian ADL dengan pemenuhan ADL di Panti Sosial Tresna Werdha Yogyakarta p value = 0,000  (p<0,05).
Kata Kunci: Pengetahuan, Tingkat Kemandirian, Pemenuhan ADL
Penulis: Sri Sat Titi Hamranani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130458

JURNAL BERHUBUNGAN: