HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU DALAM TOILET TRAINING PADA ANAK TODDLER DI DESA GLODOGAN KECAMATAN KLATEN SELATAN

Abstrak: Jumlah balita di Indonesia diperkirakan mencapai 30 % dari 250 juta jiwa penduduk, jumlah balita yang susah mengontrol BAB dan BAK (ngompol) di usia sampai prasekolah mencapai 75 juta anak. Pengetahuan tentang toilet training sangat penting dimiliki seorang ibu karena akan berpengaruh pada penerapan toilet training pada anak.
Tujuan Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap dalam toilet training pada anak usia toddler di Desa Glodogan Kecamatan Klaten Selatan.
Metode Penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian adalah ibu yang mempunyai anak usia toddler di Desa Glodogan dengan jumlah populasi sebanyak 204 orang sedangkan sampel penelitian ini sebanyak 41 responden dari 20% jumlah populasi yang ada yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada 28 Juli – 2 Agustus 2012 di desa Glodogan Kecamatan Klaten Selatan. vInstrumen penelitian kuesioner. Pengolahan data menggunakan analisis bivariat dengan chi square.
Hasil Tingkat pengetahuan responden baik. Sikap responden sebagian besar mendukung toilet training. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap ibu dalam toilet training pada anak usia toddler di Desa Glodogan Kecamatan Klaten Selatan.
Kesimpulan Ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap ibu dalam toilet training pada anak usia toddler di Desa Glodogan Kecamatan Klaten Selatan.
Kata kunci: pengetahuan, sikap, toilet training
Penulis; Yeni Frestina, Chori Elsera, Dian Wahyu A
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150517

JURNAL BERHUBUNGAN: