HUBUNGAN MEROKOK DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 4 KLATEN

Abstract: Remaja memiliki sifat coba-coba dan rasa ingin tahu yang besar akhirnya terpengaruh ke perilaku merokok. Rokok dapat mengakibatkan penimbunan nikotin dalam darah sehingga oksigen dalam darah menurun dan  meningkatkan karbon monoksida dalam aliran darah akibatnya tubuh akan mudah lemas, mengantuk dan kurang bersemangat. Kejadian tersebut akan mempengaruhi fungsi otak sebagai pusat konsentrasi apabila konsentrasi menurun prestasi belajar juga akan menurun.
Tujuan Penelitian : untuk membuktikan hubungan merokok dengan indeks prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Klaten.
Metode Penelitian :  desain  penelitian menggunakan penelitian deskriptif analitik korelasional dengan pendekatan croos sectional. Pengambilan sampel dengan Simple random sampling di dapatkan  96 siswa sebagai responden.
Hasil Penelitian : sebagian besar responden (51,0%) tidak merokok dan (64,6%) berprestasi baik. Hasil Uji statistik menggunakan Two Sample Kolmogorov-Smirnov Test didapatkan p value = 0,000 (α < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara merokok dengan indeks prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Klaten.
Kesimpulan : Hasil penelitian tersebut adalah ada hubungan antara merokok dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 4 Klaten.
Kata Kunci : Merokok, indeks prestasi belajar, remaja. t-family:"Times New Roman","serif"'> Pendidikan kesehatan, ceramah, audiovisual, pengetahuan ibu, menopause pline of constant procedure on doing sewing wound.
Key words: Knowledge, Behavior, Discipline on sewing wound of constant procedure
Penulis: Nur Wulan Agustina
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130472

JURNAL BERHUBUNGAN: