HUBUNGAN LINGKAR LENGAN ATAS (LiLA) IBU HAMIL DENGAN BERAT BADAN BAYI BARU LAHIR DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

Abstract: Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten pada bulan Desember tahun 2012 terdapat 2538 persalinan pada tahun 2011, terdapat sebanyak 280 persalinan (12,4%) dengan persalinan tidak normal dengan berat bayi lahir rendah sebanyak 40 bayi (14,3%). Sisanya dengan persalinan normal dengan BBLR sebanyak 10 bayi (1%). Upaya mencegah terjadinya BBLR dengan melakukan perawatan yang baik pada saat kehamilan dan mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi berat bayi lahir yaitu berat bayi lahir dipengaruhi ukuran lingkar lengan atas dan peningkatan berat badan ibu, selain itu berat bayi lahir juga di pengaruhi oleh faktor riwayat ANC, multivitamin, asupan nutrisi, kebiasaan berpantangan, kehamilan ganda, umur ibu, umur kehamilan, penyakit ibu.
Tujuan penelitian ini Mengetahui hubungan Lingkar Lengan Atas (LiLA) Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Lahir di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif korelasional dengan rancangan case control. Populasi dalam penelitian ini diambil dari rekam medik RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten periode 1 Januari – 31 Desember Tahun 2012 tercatat sebanyak 46 kasus BBLR Jumlah populasi tersebut terdapat 46kasus BBLR dan jumlah BBLN sebagai kontrol. Analisis data yang digunakan adalah chi square.
Hasil penelitian menunjukkan Ada hubungan Lingkar Lengan Atas (LiLA) Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Lahir di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dengan nilai p = 0,017 (p<0,05).
Simpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Ada hubungan Lingkar Lengan Atas (LiLA) Ibu Hamil dengan Berat Badan Bayi Lahir di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Saran Ibu hamil dapat menambah pengetahuan dan pemahaman  masyarakat umum mengenai gizi pada ibu hamil.
Kata Kunci: Lingkar Lengan Atas (LiLA), Berat Badan Bayi Lahir
Penulis: Anna Uswatun Q, Dian Perwitasari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130457

JURNAL BERHUBUNGAN: