HUBUNGAN LATIHAN RANGE OF MOTION (ROM) PADA IBU NIFAS POST OPERASI SECTIO CAESARIA DENGAN PERCEPATAN PENYEMBUHAN LUKA DI RSI SUNAN KUDUS

Abstract: Prevalensi operasi sectio caesaria mengalami kenaikan. Masalah yang terjadi pada pasien pasca operasi sectio caesaria meliputi impairment, functional limitation, disability. Luka operasi juga menyebabkan proses radang akut dan nyeri yang mengakibatkan keterbatasan gerak. Kesembuhan luka dapat mengalami keterlambatan karena berbagai faktor, upaya yang dilakukan dengan memberikan intervensi latihan rentang gerak (ROM). Latihan tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah yang akan memicu penyembuhan luka lebih cepat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan latihan gerak sendi (Range Of Motion) dengan percepatan penyembuhan luka post operasi sectio caesaria di RSI Sunan Kudus.
Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif analitik dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang operasi sectio caesaria di RSI Sunan Kudus pada bulan Oktober 2012. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Besar sampel didapatkan sebanyak 30 responden.
Latihan gerak sendi (ROM) paling banyak adalah kategori baik sebanyak 13 (43.3%), kategori percepatan kesembuhan luka responden paling banyak adalah normal sebanyak 21 responden (70%). Uji Chi Square didapatkan nilai p value = 0.000 dan nilai X2hitung = 19.610 dengan df = 2 sehingga didapatkan nilai X2tabel = 5.991 pada taraf signifikansi 5%.
Terdapat hubungan yang bermakna antara latihan gerak sendi (Range Of Motion) dengan percepatan penyembuhan luka post operasi sectio caesaria di RSI Sunan Kudus.
Diperlukan untuk memberikan pelayanan secara komprehensif sehingga dapat meminimalkan komplikasi pasca pembedahan, selain itu diperlukan juga dukungan dari keluarga sehingga kesembuhan luka didapatkan secara normal.
Kata Kunci:  Latihan rentang gerak (Range of Motion), Percepatan penyembuhan luka, Operasi sectio caesaria
Penulis: Miftakiyah, Uswatun Kasanah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130461

JURNAL BERHUBUNGAN: