HUBUNGAN LAMA PEMBERIAN AIR SUSU IBU DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR AR RISALAH KARTASURA SUKOHARJO

Abstract: Air susu ibu (ASI) adalah makanan ideal bayi baru lahir. Allah menyediakan nutrisi terbaik untuk bayibayi dalam bentuk air susu ibu. Bukti-bukti telah mendokumentasikan keuntungan-keuntungan ASI untuk ibu dan bayi. Banyaknya manfaat yang nyata termasuk perkembangan kognitif yang bagus untuk anak belum dapat memotivasi orang tua utamanya ibu untuk menyusui secara optimal bayi-bayi mereka.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara lama memberi ASI dengan capaian akademik anak pada tahun pertama SDIT Ar Risalah Kartasura Sukoharjo. Tempat penelitian adalah SDIT Ar Risalah Kartasura, Sukoharjo.
Penelitian dilakukan pada bulan oktober 2014. Penelitian ini menggunakan rancangan analitik obseravsional dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah anak usia sekolah dengan ukuran sampel 80. Hasil dari pengukuran dalam bentuk jawaban ibu yang menyatakan berapa bulan, minggu dan hari dalam menyusui anak dan kemudian dikonversi ke dalam ukuran hari. Variabel terikat adalah capaian akademik dalam skala pengukuran numerik. Capaian akademik diukur dengan melihat nilai rapor anak. Hasil dari dua variabel dianalisis menggunakan korelasi spearman dengan SPSS versi 16.0. Hasil menunjukkan korelasi sangat lemah antara lama ASI dengan capaian akademik siswa kelas 1 SDIT Ar Risalah, Kartasura, Sukoharjo yang secara statistik tidak bermakna. Terdapat korelasi yang sangat lemah antara lama pemberian ASI dengan capaian akademik siswa kelas satu SDIT Ar Risalah Kartasura, Sukoharjo yang secara statistik tidak bermakna.
Kata Kunci: ASI, lama, capaian akademik
Penulis: Burhannudin Ichsan, Bayu Hendro Wibowo, Muhammad Nur Sidiq
Kode Jurnal: jpkedokterandd150445

JURNAL BERHUBUNGAN: