HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUMAH SAKIT SITI KHODIJAH SEPANJANG

Abstrak:  Komunikasi merupakan alat kontak sosial yang penting dalam membina hubungan antar individu. Namun ketidaktepatan penerapan komunikasi dapat menimbulkan kesalahan presepsi dan mengganggu hubungan saling percaya antar individu. Demikianpun dengan penerapan komunikasi terapeutik dalam pelayanan keperawatan oleh perawat. Penerapan yang tepat dapat meningkatkan hubungan saling percaya, namun penerapan yang tidak efektif dapat mengganggu hubungan yang terapeutik antara pasien dan perawat dan akan berdampak pada ketidakpuasan pasien.
Tujuan penelitian adalah mempelajari hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dalam pelayanan keperawatan di rumah sakit Siti Khodijah Sepanjang dengan metode korelasi. Populasinya adalah perawat yang bekerja diruang rawat Inap dan pasien diruangan yang sama kecuali ruangan anak dan ICU. Sampelnya adalah perawat 40 orang dan pasien 39 orang dan yang telah memenuhi kriteria inklusi dengan teknik simple random sampling dan  pengumpulan data dengan kuesioner, disajikan dalam tabel distribusi frekwensi dan dianalisa dengan Rho spearmant.
Hasil penelitian menunjukan perawat di Rumah sakit Siti Khodijah telah menerapkan komunikasi terapeutik secara efekif (100 %) dan pasien  yang menyatakan puas 84,6%. Uji statistik Rho Spearment  menunjukan Koefisien korelasi (p) = 0,550, signification (rs) = 0,007 < ά 0,05.
Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa komunikasi teraputik yang diterapkan oleh perawat di rumah sakit siti khodijah mampu memberikan kepuasan kepada pasien selama dalam perawatan sehingga  perlu dipertahankan dan  ditingkatkan.
Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, perawat, kepuasan, Pasien
Penulis: andreas tipo
Kode Jurnal: jpkeperawatandd100042

JURNAL BERHUBUNGAN: