Hubungan Kelengkapan Alat Pelindung Diri, Lama Pembagian Waktu Kerja, dan Pemahaman Pekerja Tentang Briefing dengan Kecelakaan Kerja di Pabrik Kelapa Sawit PT. Bukit Barisan Indah Prima Jambi

ABSTRAK: Kecelakaan kerja adalah kecelakaan yang berhubungan dengan pelaksanaan kerja yang disebabkan karena faktor melakukan pekerjaan atau kecelakaan yang terjadi di tempat kerja atau suatu kejadian yang tidak diduga dan tidak dikehendaki yang mengganggu proses aktivitas kerja.Beberapa factor yang berhubungan dengan kecelakaan kerja adalah alat perlindungan diri (APD), lama pembagian waktu kerja dalam sehari dan pemahaman pekerja tentang briefing oleh sebuah perusahaan.
Metode: Penelitian ini analisis korelatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai yang terdaftar di pabrik kelapa sawit PT. Bukit Barisan Indah Prima. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 107. Data yang diambil tentang kelengkapan alat pelindung diri, lama pembagian waktu kerja dalam sehari, pemahaman pekerja tentang briefing dan kecelakaan kerja dengan melakukan wawancara langsung dengan panduan kuesioner di pabrik kelapa sawit PT. Bukit Barisan Indah Prima.
Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa pada variabel Kejadian kecelakaan kerja yang pernah mengalami kecelakaan sebanyak 35 (32,7%) , 18,7% pekerja yang tidak lengkap APD nya pernah mengalami kecelakaan kerja,. Sebanyak 18,7% pekerja yang lama pembagian waktu kerjanya dalam sehari melebihi 7 jam pernah mengalami kecelakaan kerja, sedangkan 14% pekerja yang lama pembagian waktu kerjanya dalam sehari cukup (7 jam) mengalami kecelakaan kerja. Sebanyak 22,4% pekerja yang tidak paham tentang briefing pernah mengalami kecelakaan kerja, sedangkan 10,3 % pekerja yang paham tentang briefing mengalami kecelakaan kerja.
Kesimpulan: Semua faktor risiko (APD, lama pembagian waktu kerja dalam sehari, dan pemahaman pekerja tentang briefing) berhubungan terhadap kecelakaan kerja
Kata kunci: Kecelakaan Kerja, APD, Pembagian Waktu Kerja dalam sehari, pemahaman pekerja tentang briefing
Penulis: Armaidi Darmawan, Irawati Sukandar, Oktavia Sulistiana
Kode Jurnal: jpkedokterandd140582

JURNAL BERHUBUNGAN: