HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN ORANG TUA DALAM MELAKUKAN IMUNISASI CAMPAK PADA BAYI USIA 9 BULAN DI UPK PUSKESMAS PERUMNAS II TAHUN 2015

Abstrak: Campak adalah penyakit sangat menular disebabkan oleh virus dan merupakan salah satu penyebab utama kematian di kalangan anak-anak. Dukungan keluarga salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan ibu membawa anak imunisasi campak. Hal ini di buktikan dari keluarga yang kurang mendukung dapat menyebabkan keluarga tidak patuh dalam melakukan imunisasi campak.
Tujuan : mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan orang tua dalam melakukan imunisasi campak di wilayah kerja puskesmas perumnas II tahun 2015. Metode Penelitian : Rancangan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 68 orang. Analisa data bivariat menggunakan Uji Rank Spearman.
Hasil Penelitian : tidak ada hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan orang tua dalam melakukan imunisasi campak (p value = 0,377< 0,05). Berdasarkan hasil aanalisis lebih lanjut diperoleh nilai r = 0,109 kekuatan korelasi dukungan keluargam dengan kepatuhan orang tua dalam melakukan imunisasi campak di Puskesmas Perumnas II sangat lemah.
Kesimpulan : Tingkatkan informasi terhadap dukungan keluarga sehingga keluarga dapat memberi dukungan yang penuh untuk responden dalam kepatuhan imunisasi campak pada bayi.
Kata kunci: dukungan keluarga, kepatuhan
Penulis: Lestari Makmuriana, Tutur Kardiatun, Nirmala Pratiwi
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160170

JURNAL BERHUBUNGAN: