HUBUNGAN ANTARA LAMA PENGGUNAAN TELEPON GENGGAM DENGAN KELELAHAN MATA DI SMA NEGERI 3 KLATEN

Abstract: Lama penggunaan telepon genggam merupakan rata-rata lama waktu dalam penggunaan perangkat keras bersifat organisatoris, dan meneruskan nilai-nilai sosial dengan siapa individu, mengumpulkan, memproses dan saling mempertukarkan informasi dengan individu lain. Penggunaan telepon genggam yang terlalu lama dapat mengakibatkan terhadap kelelahan mata seperti mata merah atau sakit mata, mata lelah, mengantuk saat menggunakan telepon genggam.
Metode penelitian: Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian non eksperimen dengan metode pengumpulan data cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa, yang diambil dengan tehnik purposive  sampling.
Hasil penelitian: Dengan menggunakan rumus korelasi dari Pearson Product Moment  didapatkan rhitung : 0,368 dan pvalue : 0,023. Hal ini berarti terdapat hubungan yang lemah  antara lama penggunaan telepon genggam dengan kelelahan mata di SMA Negeri 3 Klaten.
Simpulan: Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang lemah antara lama penggunaan telepon genggam dengan kelelahan mata di SMA Negeri 3 Klaten.
Kata kunci: lama penggunaan telepon genggam, kelelahan mata
Penulis: Fitri Suciana
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130474

JURNAL BERHUBUNGAN: