HUBUNGAN ANTARA LAMA MENDERITA DAN KADAR GULA DARAH DENGAN TERJADINYA ULKUS PADA PENDERITA DIABETES MELLITUS DI RSUP DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

Abstract: Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya ulkus pada penderita DM, sehingga dapat dilakukan pencegahan agar kejadian ulkus dapat dihindari, karena untuk kejadian ulkus pada penderita DM ini apabila sudah mengetahui tentang faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya ulkus dan mematuhi pantangan pada penderita DM maka penderita DM diharapkan dapat terbebas dari kejadian ulkus.
Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara lama menderita dan kadar gula darah dengan terjadinya ulkus pada penderita DM.
Metode Penelitian: Jenis penelitian analitik dengan menggunakan pendekatan case control atau retrospective. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penderita diabetes mellitus baik yang memiliki ulkus maupun tidak di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Analisa data menggunakan chi square.
Hasil Penelitian: Faktor kejadian ulkus berdasarkan lama menderita sebagian besar adalah lama sebanyak 20 orang (62,5%), berdasarkan kadar gula darah puasa sebagian besar tidak terkendali sebanyak 21 orang (65,6%). Kejadian ulkus di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sebanyak 16 orang (50%).
Kesimpulan: Ada hubungan antara lama menderita dengan kejadian ulkus dengan p = 0,009 atau p < 0,05. Ada hubungan kadar gula dengan kejadian ulkus dengan nilai p = 0,000 (p<0,05).
Kata Kunci: Lama Menderita, Kadar Gula Darah, Ulkus
Penulis: Saifudin Zukhri
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130477

JURNAL BERHUBUNGAN: