HUBUNGAN ANTARA KONTROL ASMA dengan KUALITAS HIDUP ANGGOTA KLUB ASMA di BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT SEMARANG

Abstract: Asma tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikontrol. Tujuan dari penelitian ini   untuk mengetahui korelasi antara kontrol asma dengan kualitas hidup yang dinilai dengan Tes Kontrol Asma dan Kuesioner Kualitas Hidup Penderita Asma.
 Cara : Jenis penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara total sampling, dan didapatkan 40 responden, yang terdiri atas 15 responden dengan tingkat   kontrol asma tidak terkontrol, 15 responden  terkontrol baik, dan  10 responden  terkontrol total. Analisa data menggunakan  uji korelasi rank spearman.
 Hasil : Rerata skor Tes Kontrol Asma pada semua responden adalah 21,17 yang berarti keseluruhan responden mempunyai tingkat kontrol asma terkontrol baik. Rerata skor kualitas hidup pada responden dengan tingkat kontrol asma tidak terkontrol adalah 4,2, responden terkontrol baik 5,25 dan responden terkontrol total 5,5. Rerata skor kualitas hidup pada seluruh responden adalah 4,9. Ada hubungan yang signifikan antara kontrol asma dengan kualitas hidup (p=0,000).
 Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan antara kontrol asma dengan kualitas hidup.
Kata kunci: kontrol asma, kualitas hidup
Penulis: Anita Mayasari, Setyoko, Andra Novitasari
Kode Jurnal: jpkedokterandd150435

JURNAL BERHUBUNGAN: