HUBUNGAN ANTARA KEPRIBADIAN DASAR DAN KAPASITAS MENTAL DENGAN PERSEPSI, PERILAKU DAN INTENSI INTEGRITAS AKADEMIK

ABSTRAK: Institusi pendidikan harus memberikan pembelajaran perilaku profesional (professional behaviour) sejak dini dan melakukan evaluasi implementasinya, termasuk evaluasi implementasi integritas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi, perilaku dan intensi integritas akademik mahasiswa serta hubungannya dengan kapasitas mental dan kepribadian dasar mahasiswa berdasar pengukuran MMPI-2.
Metode: Penelitian ini merupakan survei kuantitatif non eksperimental melibatkan 209 mahasiswa kedokteran dari salah satu fakultas kedokteran di Indonesia.
Hasil: Mengetahui hubungan antara kapasitas mental dan kepribadian dasar berdasar pengukuran MMPI-2 dengan persepsi, perilaku dan intensi integritas akademik. Pada kapasitas mental, ditemukan hubungan korelasi antara potensi kinerja dengan persepsi (r = 0,169 dan p = 0,014) dan perilaku (r = 0,170 dan p = 0,014) integritas akademik, antara kemampuan adaptasi dengan persepsi terhadap integritas akademik teman sesame mahasiswa (r = 0,149 dan p = 0,032), antara kendala psikologis dengan skor perilaku integritas akademik (r = 0,137 dan p = 0,049) dan antara integritas moral dengan skor persepsi integritas akademik (r = - 0,220 dan p = 0,001). Pada kepribadian dasar, ditemukan hubungan korelasi antara keterbukaan tekanan dengan persepsi terhadap integritas akademik teman sesama mahasiswa (r = 0,141 dan p = 0,041), serta kepribadian dasar dengan persepsi (r = 0,169 dan p = 0,014) dan perilaku (r = 0,154 dan p = 0,026) integritas akademik.
Kesimpulan: Terdapat korelasi pada beberapa variabel kapasitas mental dan kepribadian dasar dengan persepsi dan perilaku integritas akademik.
Kata kunci: perilaku profesional, integritas akademik, kapasitas mental, kepribadian dasar
Penulis: Hikmah Muktamiroh, Yayi Suryo Prabandari, Soenarto Sastrowijoto
Kode Jurnal: jpkedokterandd150357

JURNAL BERHUBUNGAN: