HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN MOTIVASI LANSIA UNTUK DATANG KE POSYANDU LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PAL TIGA PONTIANAK 2015

ABSTRAK: Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut disatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Alasan kenapa lansia mengikuti kegiatan posyandu adalah karena lansia setelah memasuki masa lansia, umumnya di hadapi adanya kondisi fisik yang bersifat patologis berganda (imultiple pathology),misalnya tenaga berkurang, energi menurun, kulit makin keriput, gigi makin rontok, tulang makin rapuh dan sebagainya.
Tujuan: Mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dan kesehatan lansia denganmotivasi lansia untuk datang ke posyandu lansia di wilayah kerja puskesmas Pal Tiga Pontianak.
Metode Penelitian: Metode deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental dengan jumlahm sampel 60 responden.
Hasil penelitian: Tidak ada hubungan bermakna antara dukungan keluarga dengan motivasi lansia untuk tang ke posyandu lansia. (p value = 0,395 > 0,05). Tidak ada hubungan bermakna antara kesehatan lansia dengan motivasi lansia untuk datang ke posyandu lansia. (p value = 0,409 > 0,05).
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa dukungan keluarga dan kesehatan lansia tidak mempengaruhi motivasi lansia untuk datang ke posyandu.
Kata kunci: Dukungan Keluarga, Kesehatan lansia. Motivasi lansia, Posyandu Lansia
Penulis: Lidia Hastuti, Nuniek Setyo Wardani, Agus Sudiana Nurmansyah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160167

JURNAL BERHUBUNGAN: