GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA DIII KEBIDANAN TINGKAT II TENTANG PARTOGRAF DI STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN TAHUN 2012

Abstract: Partograf merupakan alat bantu untuk memantau persalinan dengan cara mencatat semua pengamatan dalam suatu grafik, untuk mengelola persalinan, menilai kesejahteraan ibu dan janin dan menilai kemajuan persalinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan mahasiswi DIII Kebidanan Tingkat II tentang Partograf di STIKES Muhammadiyah Klaten tahun 2012 meliputi pengertian, tujuan penggunaan, fungsi, indikasi dan cara pengisian partograf.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan waktu cross sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa DIII Kebidanan tingkat II Smester 4 jalur Reguler STIKES Muhammadiyah Klaten sebanyak 76 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis univariat.
Simpulan hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan mahasiswa DIII Kebidanan Tingkat II tentang partograf mengenai pengertian, tujuan penggunaan, fungsi, indikasi dan cara pengisian  berdasarkan dalam kategori cukup baik sebanyak 58 orang (76,3%), pengetahuan baik sebanyak 15 orang (19,7%) dan pengetahuan kurang baik sebanyak 3 orang (3,9%).
Bagi mahasiswa DIII Kebidanan tingkat II STIKES Muhammadiyah Klaten  dapat meningkatkan pengetahuan tentang partograf dengan mencari informasi dari tenaga kesehatan atau dengan mencari sumber buku dan tenaga kesehatan yang telah expect di bidang partograf.
Kata kunci: Pengetahuan, partograf
Penulis: Endang Wahyuningsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120316

JURNAL BERHUBUNGAN: