GAMBARAN POLA MAKAN BALITA KURANG ENERGI PROTEIN (KEP) DI WILAYAH PUSKESMAS SELOGIRI KABUPATEN WONOGIRI

Abstract: Kurang Energi Protein (KEP) adalah keadaan kurang zat gizi yang disebabkan oleh rendahnya konsumsi energi dan protein dalam makanan sehari hari dan gangguan penyakit tertentu. KEP masih menjadi masalah gizi utama di Indonesia, khususnya di wilayah Puskesmas Selogiri Kabupaten Wonogiri. Konsekuensi KEP pada usia balita menghambat tumbuh kembang anak. Pemberian makanan tambahan merupakan alternatif yang perlu dikembangkan dalam rangka pemulihan KEP.
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pola makan balita KEP di wilayah Puskesmas Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun 2015.
Metode Penelitian: Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah ibu yang mempunyai balita KEP yang berjumlah 134 orang di wilayah Puskesmas Selogiri Kabupaten Wonogiri. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 30 responden. Intrumen penelitian ini menggunakan formulir kuesioner terbuka dengan metode Food Recall 2×24 jam yang berupa daftar makanan dan minuman yang benar-benar dikonsumsi balita dalam 2×24 jam.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini antara lain ; hampir seluruh (83.3%) balita KEP mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori dalam jumlah defisit dari jumlah kalori yang dibutuhkan berdasarkan angka kecukupan gizi standar, sebanyak 76.7% balita KEP mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dalam jumlah lebih, sebanyak 50% balita KEP mengkonsumsi makanan dengan jenis tidak lengkap. Analisis yang digunakan menggunakan pedoman analisis deskriptif kuantitatif.
Simpulan: Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah penyuluhan tentang keluarga sadar gizi (Kadarzi) untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya ibu serta perlunya pemantauan status gizi pada balita secara berkala oleh sub bagian gizi sehingga keadaan status gizi balita dapat diketahui dan segera dilakukan penanggulangan apabila terjadi penurunan status gizi di wilayah kerjanya.
Kata kunci: pola makan balita, status gizi, kurang energi protein
Penulis: Putri Halimu Husna, Sri Handayani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd150480

JURNAL BERHUBUNGAN: