GAMBARAN PENGOBATAN PENDERITA CARDIOVASKULER PADA USIA LANJUT DI DUKUH BABAD DESA TRUCUK KABUPATEN KLATEN

Abstract: Pengobatan penyakit kardiovaskuler dimulai dari usaha mengubah gaya hidup dalam hal jenis makanan, kebiasaan olah raga dan mengurangi faktro resiko yang dikenal seperti minum alkohol dan merokok.  Hal-hal ini kemudian dipadukan dengan obat-obatan yang dapat menjadi pilihan pengobatan jangka panjang bagi pasien. Ada sejumlah obat-obatan resep yang tersedia untuk pengobatan cardiovaskuler, termasuk obat antiplatelet, anti-hipertensi (misalnya ACE inhibitor, AIIRA), obat penurun lipid, statin, beta blocker, diuretik dan vasodilator.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengobatan cardiovaskuler pada usia lanjut di Dukuh Babad Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Jenis penelitian observasional dengan pendekatan retrospektif. Populasi penelitian adalah para lansia yang menderita cardiovaskuler di dukuh Babad Trucuk Klaten sebanyak 26 orang orang. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Data di analisa menggunakan uji analisis univariat.
Gambaran pengobatan cardiovaskuler pada usia lanjut di Dukuh Babad Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten adalah obat antihipertensi yang paling sering digunakan oleh penderita cardiovaskuler sebanyak 12 responden (46,2%) sehingga dapat disimpulkan bahwa gambaran pengobatan cardiovaskuler pada usia lanjut di Dukuh Babad Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten adalah obat antihipertensi yang paling sering digunakan oleh penderita cardiovaskuler.
Kata kunci: pengobatan, cardiovaskuler, lanjut usia
Penulis: Farida Rahmawati, Muchson Arrosyid, Roikhan Agus
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120314

JURNAL BERHUBUNGAN: