GAMBARAN PENGETAHUAN SIKAP DAN TINDAKAN IBU DALAM PERTOLONGAN PERTAMA PADA BALITA DIARE DI RUMAH DI WILAYAH PUSKESMAS KARANGNONGKO KLATEN

Abstract: Diare masih merupakan salah satu masalah kesehatan utama dari masyarakat di Indonesia. Di Indonesia sekitar 162 ribu balita meninggal setiap tahun. Pada profil kesehatan Indonesia didapatkan insiden diare di Kabupaten Klaten tahun 2007 adalah 0,55 %. Data dari Departemen kesehatan Indonesia menunjukkan dari 1.000 bayi yang lahir 50 diantaranya meninggal karena diare.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam pertolongan pertama pada balita diare dirumah diwilayah puskesmas karangnongko, klaten.
Metode penelitian yang digunakan adalah dengan deskriptif dengan pendekatan retrospektif yaitu penelitian yang berusaha melihat kebelakang, artinya pengumpulan data dimulai dari efek atau akibat yang telah terjadi. Populasi penelitian ini adalah semua ibu-ibu yang memiliki balita yang pernah diare. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Jumlah responden adalah 26 orang. Variabel pengetahuan dan penanangan diare diukur menggunakan kuesioner dengan 30 pertanyaan. Analisa data menggunakan analisis univariat.
Hasil penelitian didapatkan pada pengetahuan ibu sebagian besar baik yaitu sebanyak 20 orang (77 %), sedangkan pada sikap ibu sebagian besar baik yaitu sebanyak 20 orang (77 %). Dan pada tindakan ibu sebagian besar juga baik yaitu sebanyak 23 orang (88,5 %). Hasil ini menunjukkan bahwa semakin baik pengetahuan, sikap dan tindakan ibu maka pertolongan pertama diare dirumah pada balita akan semakin tertangani. Kesimpulan penelitian ini adalah diketahui tingkat pengetahuan ibu tentang pertolongan pertama diare dirumah. Diketahui sekap ibu terhadap penyakit diare dan diketahui tindakan ibu dalam pertolongan pertama dirumah.
Kata kunci: pengetahuan, sikap dan tindakan, pertolongan pertama diare
Penulis: Esri Rusminingsih
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120326

JURNAL BERHUBUNGAN: