GAMBARAN PENGETAHUAN PRIMIPARA TENTANG PERDARAHAN POST PARTUM

Abstract: Berdasarkan Survey Kesehatan Daerah tahun 2006, AKI di provinsi Jawa Tengah sebesar 101/100000 kelahiran hidup. Sedangkan tahun 2007, sebesar 116,3/100000 kelahiran hidup. Kematian maternal diantaranya 41% pada waktu nifas, 28,5% disebabkan karena perdarahan, 22% eklamsia dan 10% infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan primipara tentang perdarahan post partum di ruang Melati I RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.
Tujuan : Untuk mengetahui tingkat pengetahuan primipara tentang perdarahan post partum.
Metode: Penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah primipara yang ada di ruang Melati I. Teknik sampel dengan accidental sampling. Sampel penelitian ini sebanyak 36 responden. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Analisa pengolahan data menggunakan uji ststistik dengan rumus distribusi frekuensi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan primipara tentang perdarahan post partum di ruang Melati I paling tinggi cukup sebesar 58%, baik sebesar 42% dan kurang sebesar 0%.
Kesimpulan: Gambaran pengetahuan primipara tentang perdarahan post partum di ruang Melati I RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dengan kategori cukup.
Kata kunci:   perdarahan post partum, primipara, pengetahuan
Penulis: Sri Sat Titi Hamranani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130480

JURNAL BERHUBUNGAN: