GAMBARAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG LEPTOPIROSIS DI DUSUN BLORA DESA JUWIRAN KECAMATAN JUWIRING KABUPATEN KLATEN

Abstract: Leptospirosis adalah salah satu the emerging infectious diseases yang disebabkan oleh infeksi bakteri patogen yang disebut leptospira  dan ditularkan dari hewan kepada manusia (zoonosis). Kasus leptospirosis di beberapa bagian dunia dilaporkan berkisar < 5% sampai dengan 30% dan Indonesia peringkat 3  insiden leptospirosis di dunia untuk mortalitas yaitu  mencapai 2,5%-16,45 %. Pandangan masyarakat tentang leptospirosis dilihat dari angka kejadian penderita leptospirosis yang meningkat dari tahun 2010-2011, ini menunjukkan banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang bahaya penyakit leptospirosis terutama gejala dan dampaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan masyarakat tentang leptospirosis di Dusun Blora Desa Juwiran Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2012 di Dusun Blora Desa Juwiran Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten dengan responden sejumlah 42 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat tentang leptospirosis di Dusun Blora Desa Juwiran Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten paling tinggi sebanyak 26 orang (61,9%) dengan kategori baik yang mayoritas berpendidikan Perguruan Tinggi yaitu sebanyak 3 orang (100%), masyarakat rata-rata berumur 42 ±14,4 tahun yaitu 28 dan 56 tahun, bekerja sebagai Swasta sebanyak 4 orang (100%) dan PNS sebanyak 3 orang (100%).
Kesimpulan Tingkat pengetahuan masyarakat tentang leptospirosis di Dusun Blora Desa Juwiran Kecamatan Juwiring Kabupaten Klaten kategori baik.
Kata Kunci: Leptospirosis, pengetahuan
Penulis: Supardi, Anik Kadaryati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120317

JURNAL BERHUBUNGAN: