GAMBARAN PENDERITA FLOUR ALBUS DI POLIKLINIK GYNEKOLOGI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE AGUSTUS 2011

Abstrak: Tujuan: Untuk mengetahui distribusi penderita flour albus di poliklinik gynecology Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin Banda Aceh periode Agustus tahun 2011.
Metode: Penelitian Deskriptif cross sectional dengan mengeksplorasi data primer dari pemeriksaan dan akan dilaporkan melalui distribusi berdasarkan usia, pendidikan, penyebab, status perkawinan, dan pemakaian alat kontrasepsi.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian didapatkan 18 orang penderita flour albus selama bulan Agustus 2011. Terbanyak dari kasus adalah pada usia antara 25-34 tahun (55,6 %). Penderita terbanyak dengan pendidikan SMA (77,7 %). Penyebab yang paling banyak didapatkan  adalah bakteri vaginalis (50%). Penderita flour albus umumnya sudah menikah (77,8 %). Dan Penderita flour albus lebih banyak yang memakai alat kontrasepsi  (55,6 %).
Kesimpulan: Jumlah kasus flour albus pada Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin Banda Aceh selama periode Agustus 2011 adalah 48,8 % dari seluruh kasus ginekologik lainnya, Sebagian besar penderita berada pada usia reproduktif, berpendidikan SMA, dengan bakteri vaginalis sebagai penyebab utama, umumnya sudah menikah dan banyak pada pemakai alat kontrasepsi.
Keywords: Flour albus; usia reproduktif; bakteri vaginalis; alat kontrasepsi Flour albus; reproductive age; bakterial vaginalis; contraception devices
Penulis: Mohd Andalas, Abdillah Syukri, Andalus Azhar
Kode Jurnal: jpkedokterandd110205

JURNAL BERHUBUNGAN: