GAMBARAN KERASIONALAN RESEP OBAT JANTUNG DI RSUP Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

Abstract: Penggunaan obat pada pasien penderita jantung perlu mendapat perhatian agar tidak terjadi ketidakrasionalan penggunaan obat. Penggunaan obat yang tidak rasional akan menyebabkan mempertinggi tingkat keparahan jantung dan menambah biaya pengobatan.
Tujuan penelitian untuk mengetahui kerasionalan resep obat yang diberikan dokter kepada pasien penderita jantung di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten berdasarkan ketepatan dosis, tepat obat, tepat indikasi, dan tepat penderita.
Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian non eksperimental dengan metode deskripsi. Populasi keseluruhan penderita jantung yang berobat di rumah Sakit Umum Soeradji Tirtonegoro Klaten tahun 2010. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Jumlah populasi yang digunakan sebanyak 153 data rekam medik pasien dengan sampel sebesar 60 rekam medik pasien penderita jantung rawat jalan yang terdiagnosis jantung.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kerasionalan penggunaan  obat jantung  di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Tahun 2010 sudah rasional. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberian obat oral kardiovaskuler pada pasien dewasa di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sudah rasional ditinjau dari segi ketepatan dosis, tepat obat, tepat indikasi dan tepat penderita.
Kata Kunci: Kerasionalan resep, obat Jantung
Penulis: Anita Agustina, Rahmi Nurhaini, Rini Elviyah
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120309

JURNAL BERHUBUNGAN: