GAMBARAN EVALUASI PENILAIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARANNYA

ABSTRAK: Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi III (KIPDI III). Kurikulum ini diterapkan sejak tahun ajaran 2005/2006, dan telah dievaluasi menjadi Kurikulum 2013, sejak tahun ajaran 2013/2014. Lingkungan pembelajaran merupakan manifestasi dari sebuah kurikulum, sehingga penilaian dari lingkungan tersebut dalam sebuah institusi pendidikan kedokteran, merupakan bagian dari pelaksanaan evaluasi kurikulum. Kuesioner DREEM (Dundee Ready Education Environment Measure) merupakan salah satu alat yang tepat untuk dalam melakukan pengukuran lingkungan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menilai persepsi mahasiswa PSPD FK UNTAN terhadap lingkungan pembelajaran pada tahun akademik 2013/2014.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif cross section, yang dilakukan untuk mengukur lingkungan pembelajaran pada mahasiswa PDPD FK UNTAN. Pengukuran dilakukan melalui kuesioner DREEM (dalam bahasa Inggris). Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2013 di FK UNTAN, Pontianak, Kalimantan Barat.
Hasil: Nilai total DREEM yang diperoleh pada penelitian ini adalah 142,55/200 yang menunjukkan bahwa mahasiswa menganggap lingkungan pembelajaran yang ada saat ini, termasuk dosen, lingkungan sosial, proses pembelajaran, capaian akademik, dan suasana pembelajaran, berada dalam lingkungan yang positif. Mahasiswa menganggap bahwa lingkungan tersebut masih dapat ditingkatkan, dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.
Kesimpulan: Mahasiswa berpendapat bahwa lingkungan pembelajaran tersebut dapat ditingkatkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, serta dukungan dari jajaran pimpinan fakultas dan universitas.
Kata kunci: kurikulum, pendidikan kedokteran, lingkungan pembelajaran, DREEM
Penulis: Agustna Arundina Triharja Tejoyuwono, Ita Armyant, Rangga Putra Nugraha
Kode Jurnal: jpkedokterandd150358

JURNAL BERHUBUNGAN: