FISTULA VESIKO VAGINALIS

Abstrak: fistula vesiko vaginalis merupakan bagian dari fistula vesiko urogenital merupakansuatu keadaan ditandai fistel antara kandung kemih dengan vagina yang menyebabkan rembesan urin keluar melalui vagina.
Kasus : wanita P3A0H3, 44 tahun, datang dengan keluhan terasa rembesan buang air kecil dari kemaluan sejak 3 bulan yang lalu. Keluhan muncul 7 hari setelah menajalani operasi histerektomi 3 bulan yang lalu. Histerektomi dilakukan atas indikasi mioma uteri dilakukan di Rumah Sakit Swasta. Tanda vital dalam batas normal. Pada pemeriksaan inspekulo tampak cairan urin menumpuk di fornix posterior. Dilakukan prosedur tes methylene blue didapatkan hasil positif di puncak vagina anterior 1 fistel dengan ukuran 1-1,5 cm. Pada pasien dilakukan fistulorraphy vesikovagina dengan teknik repair latzko dalam spinal anasthesi.
Pembahasan : Kasus fistula vesiko vaginalis biasa muncul di negara berkembang. Diantara faktor predisposisi adalah disebabkan operasi histerektomi, selain itu trauma persalinan dan komplikasi operasi daerah pelvik. Pemeriksaan Fisik dan pemeriksaan tambahan secara konvensional atau minimal invasif seperti sistoskopi, sistografi menggunakan zat kontras bisa membantu menegakan diagnosa, menentukan lokasi, ukuran dan jumlah fistel. Pembedahan adalah terapi andalan untuk fistula urogenital melalui transvagina atau trans abdomen. Pendekatan terapi tergantung ilmu, pengalaman dan kolaborasi dengan ahli lain bila dibutuhkan.
Kata kunci: fistula vesiko vaginalis, histerektomi, latzko
Penulis: Luki Ertandri
Kode Jurnal: jpkedokterandd160064

JURNAL BERHUBUNGAN: