FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI MENJADI PERAWAT

Abstract: Semakin tinggi jumlah institusi pendidikan keperawatan dan banyaknya jumlah lulusan perawat yang ada di Indonesia sangat dipengaruhi oleh tingginya motivasi seseorang untuk memilih menjadi perawat.
Tujuan penelitian: Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi menjadi perawat.
Metode: Jenis penelitian ini adalah kantitatif, bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan Cross Sectional.
Hasil: Motivasi menjadi perawat pada mahasiswa adalah tinggi. Motivasi menjadi perawat pada mahasiswa berdasarkan altruism adalah tinggi, berdasarkan kebutuhan adalah rendah, berdasarkan daya tarik adalah tinggi, berdasarkan model peran adalah rendah. Faktor intrinsik berdasarkan altruism terhadap motivasi menjadi perawat didapatkan p value = 0,814, faktor intrinsik berdasarkan kebutuhan terhadap motivasi menjadi perawat didapatkan p value = 0,411. Faktor ekstrinsik berdasarkan daya tarik terhadap motivasi menjadi perawat didapatkan p value = 0,393, faktor ekstrinsik berdasarkan daya model peran terhadap motivasi menjadi perawat didapatkan p value = 0,25.
Kesimpulan: Tidak ada pengaruh faktor intrinsik yang meliputi altruism dan kebutuhan terhadap motivasi menjadi perawat. Tidak ada pengaruh faktor ekstrinsik yang meliputi daya tarik dan model peran terhadap motivasi menjadi perawat.
Kata kunci: Altruism, kebutuhan, daya tarik model peran, motivasi menjadi perawat
Penulis: Daryani
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130482

JURNAL BERHUBUNGAN: