FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SELF CARE DIET NUTRISI PASIEN HEMODIALISA DI RSUD DR. MOEWARDI SURAKARTA

Abstrak: Hemodialisa adalah salah satu terapi yang digunakan pada pasien dengan gagal ginjal kronik. Pasien yang menjalani hemodialisa sering mengalami malnutrisi. Pencegahan malnutrisi salah satunya dengan meningkatkan kemampuan self care pasien dalam mengelola diet nutrisi untuk menekan timbulnya gejala penyakit yang buruk serta menghindari reshospitalisasi.
Tujuan penelitian; Mendeskripsikan  tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan minimal self care dalam pengelolaan diet nutrisi pada pasien yang menjalani hemodialisa.
Metode Penelitian; ini menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan consecutive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien dengan penyakit gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisa di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Sampel dalam  studi ini berjumlah 60 responden yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Variabel independent yang diteliti dicantumkan melalui kuesioner demografi serta menggunakan modifikasi kuesioner self care of CKD index.
Hasil penelitian; Terdapat hubungan yang signifikan antara usia, tingkat pendidikan dan penghasilan keluarga. Tingkat pendidikan dan penghasilan keluarga merupakan faktor yang paling kuat berhubungan dengan kemampuan self care dalam pengelolaan diet nutrisi pada pasien yang menjalani hemodialisis
Kata Kunci: Self care, pengelolaan diet nutrisi
Penulis: Hermawati Wati
Kode Jurnal: jpkeperawatandd160166

JURNAL BERHUBUNGAN: