EKSPLORASI SUMBER IMAJINASI MAHASISWA TENTANG PROFESI DOKTER

ABSTRAK: Dalam proses menjadi dokter, seorang mahasiswa kedokteran mengalami proses tumbuhnya identitas profesional dokter. Perkembangan identitas merupakan proses negosiasi dalam diri yang bersifat dinamis. Dalam proses tersebut mahasiswa memerlukan gambaran tentang profesional dokter untuk dapat mengorientasikan dirinya dalam komunitas profesi dokter dan menentukan identitas profesionalnya kelak sebagai dokter. Sumber gambaran tersebut perlu dieksplorasi lebih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara mahasiswa mendapatkan gambaran tentang profesi dokter.
Metode: Penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada 17 mahasiswa kedokteran preklinik dan klinik. Koding determinan dan emergent dilakukan untuk menganalisis hasil wawancara.
Hasil: Sumber imajinasi dapat berasal dari kurikulum maupun dari luar kurikulum. Mahasiswa mendapatkan 2 hal penting, yaitu 1) gambaran tentang lingkungan dan cara kerja dokter; 2) nilai profesional dokter. Karakterkarakter role model dari dosen teridentifikasi terkait perannya dalam pengajaran, peran sebagai dokter, atribut personal sehari-hari dan dalam berinteraksi dengan mahasiswa.
Kesimpulan: Kurikulum formal sangat berperan penting dalam memberikan gambaran kepada mahasiswa tentang lingkungan dan cara kerja dokter dalam pelayanan kesehatan. Meskipun transfer nilai professional kepada mahasiswa sangat ditentukan oleh kurikulum tersembunyi, namun kurikulum formal dapat membantu memfasilitasi dengan menyediakan aktivitas yang memungkinkan terjadinya interaksi dokter antar generasi atau melakukan telaah-telaah terhadap cerita fiksi dan non fiksi yang didapat dari berbagai media.
Kata kunci: imajinasi, identitas profesional, role model, kurikulum tersembunyi, kurikulum formal, partisipasi
Penulis: Yoga Pamungkas Susani, Gandes Retno Rahayu, Rossi Sanusi, Yayi Suryo Prabandari, Harsono
Kode Jurnal: jpkedokterandd150356

JURNAL BERHUBUNGAN: