EFEKTIVITAS PENYULUHAN TENTANG SADARI PADA SISWI SMA KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN

Abstract: Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dapat dimulai dari waktu remaja dan pemeriksaan yang rutin dan teratur untuk mendeteksi tanda-tanda dini persoalan payudara merupakan kebiasaan yang sangat baik yang harus dilakukan sejak dini. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas penyuluhan tentang SADARI pada siswi SMA kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Klaten.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen atau percobaan (experimental research), menggunakan rancangan pra eksperimen dengan membentuk one group pretest posttest,dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling.
Simpulan, hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan nilai sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan tentang SADARI. Responden dengan pengetahuan baik dari  9 responden menjadi 43, cukup dari 44 responden menjadi 37, kurang dari 37 responden menjadi 10. Peningkatan pengetahuan siswi tentang SADARI yaitu baik sebanyak 67,8%. Dan penyuluhan tentang SADARI pada siswi SMA Kelas XI adalah efektif. Bagi masyarakat diharapkan dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri di rumah dan dilakukan secara rutin.
Kata kunci: efektivitas, penyuluhan, SADARI
Penulis: Sri Wahyuni, Niken Vitikasari
Kode Jurnal: jpkeperawatandd110081

JURNAL BERHUBUNGAN: