EFEKTIFITAS SENAM NIFAS TERHADAP INVOLUSIUTERI DI RSUP Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN

Abstract: Involusiuteri adalah proses uterus kembali ke kondisi sebelum hamil. Involusiuteri diamati dengan memeriksa tinggi fundusuteri, kontraksi uterus, dan lochea. Ibu postpartum dapat mengalami proses involusiuteri yang terlambat disebut subinvolusiuteri. Subinvolusiuteriakanmengakibatkan terjadinya perdarahan postpartum. Salah satu upaya untuk mencegah masalah tersebut dengan senam nifas.Tujuan penenilitianuntuk Mengetahui efektifitas senam nifas terhadap involusiuteri pada ibu postpartum.
Metodologi: Desain penelitian Quasy experimentdengan rancangan non equivalent control group pretest postest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidentalsampling sebanyak 36 responden. Analisa data menggunakan uji fisher exact probability test.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa involusiuteri normal pada kelompok intervensi sebanyak 14 responden (77,8 %) dan pada kelompok kontrol sebanyak 7 responden (38,9 %). Sedangkan involusiuteri tidak normal pada kelompok intervensi sebanyak 4 responden (22,2 %) dan pada kelompok kontrol sebanyak 11 responden (61,1 %). Hasil uji fisher exact probability test menunjukkan p v = 0,041; α = 0,05.
Kesimpulan: Senam nifas efektif untuk involusiuteri.
Kata kunci :Senam Nifas, Involusiuterie
Penulis: Puput Risti Kusumaningrum
Kode Jurnal: jpkeperawatandd130475

JURNAL BERHUBUNGAN: