APLIKASI METODE SEQUENTIAL THREE-STAGE INTEGER GOAL PROGRAMMING UNTUK PENJADWALAN KULIAH PENDIDIKAN DOKTER SISTEM BLOK: STUDI KASUS

ABSTRAK: Salah satu bentuk masalah penjadwalan yang hingga saat ini masih menjadi perhatian di bidang pendidikan adalah penjadwalan mata kuliah (course scheduling) di perguruan tinggi atau yang biasa disebut dengan University Course Timetabling Problem (UCTP). Adanya perbedaan kebijakan serta aturan, baik antar universitas, fakultas, serta jurusan mengakibatkan permasalahan UCTP menjadi sangat luas dan bervariasi. Program Studi Pendidikan Dokter FK UGM yang menjalankan kuliah sistem blok memiliki tipe penjadwalan kuliah yang berbeda dan lebih rumit daripada penjadwalan di program studi lain dengan sistem kuliah non-blok. Penelitian ini dilakukan untuk memodelkan penjadwalan kuliah sistem blok di Program Studi Pendidikan Dokter FK UGM, sehingga mampu mengoptimalkan waktu proses dan hasil penjadwalan.
Metode: Penelitian ini dilakukan dengan membagi masalah penjadwalan menjadi 4 sub-masalah yang bersifat sequential, yaitu penjadwalan mata kuliah yang terdiri dari 5 mata kuliah utama (lecture, diskusi panel, praktikum, tutorial, dan skills lab), penjadwalan topik untuk setiap mata kuliah, penjadwalan kelompok mahasiswa, dan penjadwalan ruang kuliah. Semuanya kemudian dimodelkannya ke dalam bentuk integer goal programming.
Hasil: Model penjadwalan kuliah sistem blok di Program Studi Pendidikan Dokter FK UGM dengan mempertimbangkan topik pada setiap mata kuliah dan adanya kemungkinan unavailability ruangan menggunakan metode Sequential Three-Stage Integer Goal Programming telah berhasil dikembangkan dan terverifikasi dengan baik.
Kesimpulan: Dengan metode yang digunakan, model yang dikembangkan pada penelitian ini mampu menghasilkan jadwal yang memenuhi seluruh hard constraint dalam waktu kurang dari 24 jam. Dari segi waktu, hasil tersebut jauh lebih baik dibandingkan time consuming proses penjadwalan manual (trial and error) yang selama ini dilakukan yaitu berkisar antara 1 – 1,5 bulan.
Kata kunci: penjadwalan, mata kuliah, universitas, course scheduling, goal programming
Penulis: Nisrina Naf’atul Huda, I Gust Bagus Budi Dharma, Widya Wasityastut
Kode Jurnal: jpkedokterandd160004

JURNAL BERHUBUNGAN: