Analisis Pengaruh Motivasi, Pengetahuan, dan Sikap Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Penggunaan Orthodonsi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palembang

Abstract: Penelitian  dilakukan pada siswa kelas X dan XI SMA Negeri di Kota Palembang yang menggunakan orthodonsi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh motivasi, pengetahuan dan sikap konsumen secara parsial dan simultan terhadap pengambilan keputusan dalam penggunaan orthodonsi pada siswa SMA Negeri di Kota Palembang.
Desain penelitian yang dipakai adalah konklusif causal  dan analisa data menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri di Kota Palembang yang berjumlah 22 sekolah. Teknik pengambilan sampel dilakukan berdasarkan metode penarikan sampel acak sederhana dengan mengambil 1/3 dari jumlah populasi yaitu 8 (delapan) SMA Negeri di Kota Palembang. Responden  berjumlah 305 siswa. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan jenis data adalah data primer. Teknik skala pengukuran menggunakan skala Likert. Teknik Analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan variabel motivasi berpengaruh terhadap pengambilan keputusan dan secara simultan variabel motivasi (X1), pengetahuan (X2) dan sikap (X3) berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan (Y) dalam penggunaan orthodonsi pada siswa SMA Negeri di Kota Palembang sebesar 68,5%, sedangkan 31,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata kunci: motivasi, pengetahuan, sikap, dan pengambilan keputusan
Penulis: Mujiyati, Zakaria Wahab
Kode Jurnal: jpkedokterandd160167

JURNAL BERHUBUNGAN: