Analisis Kebutuhan Psikiater Berdasarkan Beban Kerja dengan Menggunakan MetodeWorkload Indicator Staffing Needs (WISN) di Unit Rawat Jalan Jiwa Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan

Abstract: Rumah sakit merupakan salah satu sarana upaya kesehatan masyarakat yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat. Peran sumber daya manusia rumah sakit sangat penting dalam menentukan kualitas jasa rumah sakit baik (Ilyas, 2011). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah psikiater di Unit Rawat Jalan Jiwa Rumah Sakit Ernaldi Bahar tahun 2015.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain crosssectional menggunakan metode worksampling.Pengamatan dimulai 6-18 April 2015.Objek penelitian adalah seluruh dokter spesialis jiwa yang bertugas di Unit Rawat Jalan Jiwa sebanyak tiga orang. Data dianalisis dengan menggunakan metode Workload Indicator Staffing Needs (WISN).
Hasil Penelitian: Hasil analisis menunjukkan waktu kerja tersedia psikiater adalah 97.920 menit pertahun, Standar beban kerja untuk assesmen pasien sebesar 12.240 ,konsultasi 19.548, diagnosa dan terapi 97.920 dan tandatangan blanko pasien sebesar 979200. Standar kelonggaran menyita waktu 0,199 atau 19,9 %. Berdasarkan metode perhitungan WISN dibutuhkan sebanyak 6 orang psikiater tenaga yang tersedia berjumlah 3 orang (ratio WISN <1) beban kerja tinggi.
Kesimpulan: Dalam efisiensi kerja psikiater yang ada pihak manajemen rumah sakit perlu mengatur dan memantau  jadwal psikiater  serta memotongan jasa pelayanan bagi psikiater yang tidak hadir pada waktu kerja.
Kata kunci: beban kerja, psikiater, unit rawat jalan jiwa
Penulis: Muhammad Zulkarnain, Nurul Fitriah, Muhammad Husni Thamrin
Kode Jurnal: jpkedokterandd160164

JURNAL BERHUBUNGAN: